Berita


Menggali Sisi Positif Kuliah Daring

Selasa, 10 November 2020

Indonesia tengah dihadapkan pada masa pandemi covid 19 yang dimana pemerintah mengalihkan sebagian kegiatan masyarakat tantangan ke dunia daring atau visual. Perkembangan itu mulai dimanfaatkan oleh beberapa perguruan tinggi di Indonesia dalam penyelenggaraan program pendidikannya. Program tersebut dikenal sebagai program kuliah daring atau sistem e-learning/ online learning. Dalam hal ini kekreativitas dosen dituntut lebih untuk membawa suasana pembelajaran daring agar tidak membosankan.

Kelebihan Kuliah Daring

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi memberikan dampak yang signifikan dalam beberapa aspek kehidupan masyarakat. Salah satunya dalam aspek pendidikan. Masyarakat dapat dengan mudah memperoleh pengetahuan atau wawasan dari internet. Dan kini Indonesia tengah dihadapkan pada masa pandemic covid 19 yang dimana pemerintah mengalihkan sebagian kegiatan masyarakat  tantangan ke dunia daring atau visual. Perkembangan itu mulai dimanfaatkan oleh beberapa perguruan tinggi di Indonesia dalam penyelenggaraan program pendidikannya. Program tersebut dikenal sebagai program kuliah daring atau sistem e-learningonline learning.

Seluruh lapisan masyarakat yang sedang melakukan pendidikannya, baik untuk anak SD, SMP, SMA/SMK, atau bahkan kuliah, mereka harus memimdahkan sementara pembelajarannya melalui system e-learning. Misalkan, lulusan SMA yang ingin berkuliah di suatu perguruan tinggi favorit yang terletak di luar pulau. Namun karena suatu kondisi tidak dapat meninggalkan rumah. Dengan  adanya program ini lulusan SMA tersebut dapat tetap mengikuti perkuliahan tanpa meninggalkan rumah. Sehingga dapat menghemat waktu dan tenaga dari mahasiswa.

Program kuliah daring ini menggunakan teknologi yang sudah mumpuni untuk diakses dengan jarak jauh sekalipun. Mereka bisa melakukannya dimana saja misalnya dikelas atau didalam rumah. Komunikasi 2 arah pada program kuliah daring antara dosen dan mahasiswa akan semakin baik karena semakin banyaknya pilihan media komunikasi yang tersedia. Media yang digunakan antara dosen dan mahasiswa dapat dilakukan melalui video conference atau rekaman seperti zoom, google meet, google classroom, ataupun grub whatsapp. Dan juga, pada proses selanjutnya, mahasiswa dapat memutar kembali video atau rekaman tersebut berulang kali sebagai materi pembelajaran bila mana ada materi yang susah untuk dipahami. Dengan begitu, jika ada materi yang disampaikan belum dipahami, mereka bisa melakukan kegiatan tanya jawab dengan dosen yang bersangkutan.

Mahasiswa tidak perlu khawatir akan tugas tugas yang diberikan oleh dosen. Karena tidak semua tugas yang diberikan mengacu pada pembuatan makalah dan sebagainya, tapi mereka juga bisa menuangkan lewat video yang dibuat serta dikemas dengan kreatif. Itu membuat pembelajaran semakin mengasikkan dan tidak membuat jenuh bahkan merasa bosan. Selain sisi positif diatas, mahasiswa yang mengikuti program kuliah daring dapat lebih menghemat waktu dan tenaga. Sehingga waktu dan tenaga yang tersisa dapat digunakan untuk hal-hal lainnya diluar jam perkuliahan. Misalkan saja, dapat digunakan untuk bekerja atau memulai bisnis. Hal tersebut dapat dilakukan karena pada dasarnya masa-masa kuliah bukan hanya soal belajar materi perkuliahan saja. Masa-masa kuliah  juga dapat digunakan untuk  menggali potensi atau keterampilan dalam berbagai bidang  selain dalam bidang akademik.

Sumber: Team Redaksi FEB UNISS

Indeks Berita