Program Unggulan

Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Selamat Sri (FEB-UNISS) memiliki jumlah mahasiswa semakin tahun semakin bertambah. Mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis sampai dengan tahun 2019 berjumlah 1.132 mahasiswa aktif, yang terdiri dari Kampus Kendal Program Studi S1 Manajemen sebanyak 625 mahasiswa dan Program Studi S1 Akuntansi sebanyak 295 mahasiswa. Sedangkan Kampus Batang S1 Manajemen sebanyak 160 mahasiswa dan S1 Akuntansi sebanyak 52 mahasiswa. Fakultas Ekonomika dan Bisnis yang kemudian disebut FEB sampai dengan tahun 2019 telah meluluskan sebanyak 285 mahasiswa. Program kegiatan yang dilakukan:

A. Bidang Pendidikan

Pada bidang pendidikan didukung oleh dosen tetap diantaranya dosen tetap yayasan  dan dosen yang diambil dari praktisi dengan minimal pendidikan S2. Pengembangan kompetensi dosenyang sudah berjalan yaitu satu dosen studi lanjut progran doktor (S3) dan sepuluh orang dosen profesional. Staf yang terlibat dalam proses akademik terdiri atas tenaga administrasi dan tenaga teknisi yang bekerja pada unit-unit penunjang dengan kualifikasi staf lulusan S1. Selain dosen dan tenaga pengajar didukung pula kurikulum pembelajaran berbasis KKNI.  Adapun program pendidikan S1 yang diberikan meliputi: pembelajaran tatap muka, pembelajaran daring, work shop peningkatan kompetensi jurusan, kuliah kerja praktek (magang), kuliah kerja lapangan dan penelitian tugas akhir.

B. Sarana dan Prasarana

FEB-UNISS saat ini memiliki sarana dan prasarana fisik berupa gedung perkuliahan, perpustakaan, laboratorium, dalam satu lokasi.  Selain itu FEB juga memiliki lahan kosong yang digunakan untuk kegiatan olahraga mahasiswa, diantaranya lapangan volly, lapangan sepak bola, unit kegiatan mahasiswa dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) yang sudah mencakup dalam satu kawasan Univeristas Selamat Sri. Pengembangan sarana penunjang diantaranya mempersiapkan Galery Investasi, Bussiness Corner, dan inkubator kewirausahaan. Sehingga para mahasiswa selain pembelajaran secara teori juga dapat mengikuti pembelajaran praktek. Dengan demikian diharapkan para mahasiswa mempunyai kemampuan dibidang akademik serta dapat mengimplementasikan dalam kegiatan bisnis. Pendukung lain dalam kegiatan belajar mengajar adalah sistem informasi akademik, yaitu program yang disiapkan untuk pelayanan mahasiswa secara online,seperi kartu rencana studi (KRS), kartu hasil studi (KHS), materi pembelajaran, pembayaran perkuliahan dan tracer study bagi para alumni.

C. Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Membangun budaya penelitian bagi sivitas akademika dan mengembangkan penelitian dengan prinsip peningkatan kualitas yang berkelanjutan dengan cara:

  1. Mengarahkan penelitian sebagai sarana peningkatan kualitas SDM dan dalam rangka meningkatkan kinerja pribadi dan kelembagaan.
  2. Membangun budaya penelitian yang berkualitas, dengan melakukan evaluasi baik pada tingkat kelembagaan maupun pribadi secara kuantitatif dan kualitatif.
  3. Mengaktifkan dosen dalam kegiatan-kegiatan seminar penelitian dan evaluasi penelitian guna perbaikan-perbaikan proposal penelitian.
  4. Membuat  bank proposal dalam mengantisipasi permintaan-permintaan penelitian dan mengoptimalkan sumber-sumber dana penelitian.
  5. Menerbitkan laporan berkala kegiatan-kegiatan penelitian dosen dalam mewujudkan research minded di kalangan dosen.

Untuk menampung hasil karya ilmiah berupa jurnal ilmiah FEB telah memiliki Jurnal Nasional Ekonomika dan Bisnis, ISSN:2685-2446 (media online) alamat web:
https://journal.feb-uniss.ac.id

D. Luaran Lulusan

Dalam rangka mewujudkan visi, misi dan tujuan FEB-UNISS, maka Fakultas  merancang, menyusun, merumuskan standar yang mengatur tentang kompetensi lulusan yang unggul. Untuk menjamin pada kepentingan terutama lulusan dan pengguna lulusan, maka perlu ditetapkan standar kompetensi lulusan yang sesuai dengan kebutuhan pasar. Sesuai amanah Permenristek Dikti no 44 th 2015, pasal 5 sampai 7 yang mengharuskan UNISS memiliki standar kompetensi lulusan yang dijadikan acuhan bagi standar isi pembelajaran, standar proses pembelajaran,standar penilaian pembelajaran, standar penilaian pembelajaran, standar dosen dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana pembelajaran, standar pengelolaan pembelajaran, dan standar pembiayaan pembelajaran.

Untuk mempersiapkan kompetensi lulusan dengan meningkatkan misi pengajaran sesuai situasi dunia yang penuh perubahan dengan menciptakan sitem pembelajaran dan mekanisme kondusif yang memungkinkan proses pembelajaran berjalan efektif.
Kompetensi utama program sarjana (BNSP, 2010) adalah:

  1. Menguasai dasar-dasar ilmiah disiplin ilmu dalam bidang ilmu tertentu sehingga mampumengidentifikasi, memahami, menjelaskan, mengevaluasi/menganalisis secara kritisdan merumuskan cara penyelesaian masalah yang ada dalam cakupan disiplin ilmunya;
  2. Mampu menerapkan pengetahuan dan keterampilan di masyarakat sesuai dengandisiplin ilmunya;
  3. Bersikap dan berperilaku/berkarya dalam karir tertentu sesuai dengan norma kehidupanmasyarakat;
  4. Mampu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan atau seni.